Fakultas Sosial & Humaniora

Visi :

Menjadi Fakultas Sosial dan Humaniora yang unggul dan menjadi rujukan dalam pengembangan Program Studi Pendidikan Matematika, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Program Studi Hukum, dan Program Studi Ekonomi bagi Perguruan Tinggi berbasis Pesantren di Indonesia pada tahun 2022

Misi :

  1. Melakukan Pembinaan Karakter keIslaman Rahmatan Lil ‘Alamin bagi Civitas Akademika dalam bingkai Trilogi dan Pascakesadaran Pesantren Nurul jadid.
  2. Menyelenggarakan Pendidikan dan Pengajaran yang berakar di masyarakat dan terintegrasi dalam sistem Pendidikan Pesantren guna mencetak lulusan yang profesional, unggul, dan memiliki integritas.
  3. Menyelenggarakan Penelitian yang berorientasi diperolehnya invensi dan inovasi Ilmu Pengetahuan, Tekhnologi, dan Seni yang menghasilkan HAKI.
  4. Menyelenggarakan Pengabdian kepada Masyarakat yang dapat berorientasi kepada penyebarluasan kemanfaatan invensi dan inovasi Ilmu Pengetahuan, Tekhnologi, dan Seni.
  5. Menyelenggarakan Tata Kelola Fakultas Unggul (Good Faculty Governance) guna meningkatkan daya saing Fakultas melalui tersedianya SDM yang terampil dan ahli dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat.
  6. Menyelenggarakan Pembinaan Kemahasiswaan yang peka terhadap penemuan masalah dan solusinya di Masyarakat dalam bingkai Program Kreativitas Mahasiswa.
  7. Menjalin Kerjasama dengan Pesantren, Lembaga-lembaga di lingkungan Pesantren, Lembaga Pemerintahan, Lembaga Swasta, maupun Lembaga Masyarakat secara umum terutama ditingkat Lokal dan Regional / Nasional guna menunjang pencapaian Visi, Misi, dan Tujuan Fakultas Sosial dan Humaniora Universitas nurul Jadid.

Program Studi :

Nilai Akreditasi

Baik

Expired Akreditasi

26/10/2026

Prodi Lulusan

Lulusan Prodi bisa menjadi Yuris pada lembaga hukum semua level yang bertugas menegakkan dan memberikan advokasi Hukum, legal opinion, analisis hukum dan penafsiran hukum untuk memberikan asas keadilan, asas kepastian hukum dan asas kepatutan hukum pada masyarakat. Disini lulusan Prodi hukum bisa mengambil peran sebagai Advokat, Hakim, Jaksa, dan NotarisPenulis karya-karya di bidang Hukum baik secara konsepsional, teorik dan praktis dan Asisten ahli dalam proses penelitian dasar dan terapan di bidang pengembangan Ilmu hukum, baik Hukum Tata Negara, Hukum Ekonomi, Hukum Pidana, dan Hukum PerdataKonsultan bidang hukum yang produktif, kreatif, inovatif, mandiri dan profesional, baik bagi pelaku ekonomi, Perbankan dan Dunia IndustriDi bidang pemerintahan, lulusan Prodi Hukum bisa mengabil peran sebagai penyusun draf naskah akademik perundang-undangan dan draf Rancangan Perundang-Undangan atau Naskah Akademik Perda dan Draf Raperda

Nilai Akreditasi

Baik

Expired Akreditasi

06/07/2026

Prodi Lulusan

Lulusan Ekonomi mampu menjalankan fungsi dan peran manajer untuk mengelola organisasi stakeholdersLulusan Ekonomi mampu memulai usaha baru, melaksanakan aktifitas bisnis, menghasilkan produk dan jasa, memberikan solusi bagi masalah sosial, membuka lapangan kerja baru, pelaksana aktifitas bisnisLulusan Ekonomi mampu menyediakan jasa konsultasi, potensi, pengembangan, dan penilaian kelayakan bisnisLulusan Ekonomi mampu mengoptimalkan kemampuan teknis dan administratif di bidang fungsional (stratejik, operasi, pemasaran, keuangan dan manajemen Sumber Daya ManusiaLulusan Ekonomi mampu merumuskan permasalahan penelitian, merancang penelitian, mengumpulkan, menganalisis data, menyusun laporan penelitian dan diseminasi serta publikasi hasil penelitianLulusan Ekonomi mampu melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian, Pengabdian dan Penunjang)

Nilai Akreditasi

Baik

Expired Akreditasi

03/08/2026

Prodi Lulusan

Lulusan Pendidikan Matematika mampu menjadi seorang pendidik profesional yang memiliki minimal 2 keahlian, yaitu 1) keahlian dalam mengatur proses kegiatan belajar mengajar dalam kelas, dan 2) memiliki kapabilitas terhadap keilmuan matematikaLulusan Pendidikan Matematika mampu menjadi Peneliti Bidang Pendidikan dan Keilmuan Matematika dalam penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi selama masa studi 4 tahun serta iklim keilmuan yang ada di universitas, membantu mahasiswa menjadi seorang peneliti unggul di bidang keilmuan dan pendidikan matematikaLulusan Pendidikan Matematika mampu menjadi Education Preneur sehingga membuka peluang bagi pendidik matematika menjadi pengusaha di lembaga bimbingan belajarLulusan Pendidikan Matematika mampu menjadi Konsultan Penelitian dengan berbekal pengalaman penelitian yang kontinu selama masa studi, membuat lulusan pendidikan matematika menguasai konsep penelitian yang baik sehingga dapat menjadi konsultan bagi peneliti bidang matematika

Nilai Akreditasi

Baik

Expired Akreditasi

24/08/2026

Prodi Lulusan

Lulusan Pendidikan Bahasa Inggris mampu menjadi pendidik Bahasa Inggris pada jalur formal (SMP/MTs, SMA/MA/SMK dan sederajat) dan nonformal (Madrasah Diniyah) yang memiliki kompetensi kepribadian, profesional, sosial, dan pedagogik serta memperhatikan kewajiban, mawas diri, dan berakhlak baik (Trilogi Santri)Lulusan Pendidikan Bahasa Inggris mampu menjadi pendamping peneliti dalam penyelesaian permasalahan pembelajaran dan pengajaran Bahasa Inggris untuk menghasilkan inovasi yang teruji dalam peningkatan mutu pendidikan pada bidang Bahasa InggrisLulusan Pendidikan Bahasa Inggris mampu menjadi Edupreneur atau wirausahawan dalam bidang Bahasa Inggris yang memiliki kesadaran beragama, berilmu, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta kesadaran berorganisasi (Pancakesadaran), unggul, produktif, inovatif, dan mandiri